BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Praktik Mengajar Lapangan adalah salah satu kegiatan yang
memberikan seseorang memiliki kreatifitas dalam mengelola pengajaran, sehingga
orang akan menilai seberapa jauh bisa menguasai suasana, lingkungan, dan bisa
membawa semuanya keranah pendidikan yang sesuai dengan harapan masyarakat atau
harapan kita sendiri, semua orang memiliki hak dalam pelaksanaan PML akan
tetapi tidak semu orang bisa menguasai materi yang diajarkan tentang
pelaksanaan PML tersebut, dengan demikian perubahan mengajar akan selalu
berkembang sesuai mengikuti zaman, dari tahun ketahun dunia pendidikna akan
terus menerus berubah sehingga seorang pengajar harus cerdik dalam mengatur
waktu, disiplin dalam bekerja, serta memiliki komitmen yang bisa diandalkan.
Dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan pelaksanaan Praktik
Mengajar Lapangan yang berfungsi untuk melatih diri mahasiswa dan mahasiswi
dibidang pengajaran, dari PML lah semuanya akan terasa bagaimana cara mengajar
yang berhasil, dan cara mengajar yang belum berhasil. Dengan diadakannya PML
sangat membantu bagi mahasiswa dan mahasiswi yang sedang melangkah didunia
pendidikan dan pengajaran, banyak sekali di sekeliling kita pengajar yang
langsung terjun ke dunia pendidikan akan tetapi tidak tahu dengan mengajar yang
baik dan benar sehingga banyak sekali kendala yang dihadapi tanpa adanya PML,
dan sulit baginya beradaptsi dengan lingkungan sekolah, guru, murid, bahkan
sulit baginya untuk berkomunikasi ketika pembelajaran dimulai, maka dari itu
PML penting bagi calon pengajar yang belum terjun ke bidang pendidikan karena
masih banyak kesempatan untuk melakukan hal-hal yang baru yang bisa memberikan
perubahan baru bagi dirinya, melakukan diskusi tentang pengajaran, serta banyak
waktu yang dibutuhkan ketika praktik mengajar.
Namun untuk dapat mencapi apa yang diharapkan maka dibutuhkan
orang-orang yang memiliki penuh semangat untuk membangun pengajar-pengajar yang
dapat terus berkembang dengan kreativitas, ide, serta bisa membimbing
masyarakat luar.
Dengan inilah kami membuat makalah yang berjudul “Praktik
Mengajar Lapangan”, sebagai dasar pemikiran
pembuatan makalah, serta sebagai tugas akhir mata kuliah Praktikum.
B.
Tujuan
Pelaksanaan PML
Tujuan dalam melaksanankan PML yang telah direncanakan selama
kurang lebih 2 semester ini, maka kami dari mahasiswa memiliki tujuan yang sama
yaitu:
1)
Melatih
diri dalam mengajar di sekolahan.
2)
Mengetahui
kondisi yang di alami ketika dilapangan dan mencari solusi untuk melakukan
perbaikan dalam mengajar.
3)
Berbagi
ilmu yang telah didapat dan mencari ilmu yang belum diketahui
Demikian tujuan
kami didalam pelaksanaan PML yang telah kami rencanakan selama ini, sebenarnya
masih banyak sekali tujuan yang kami harapkan akan tetapi dengan apa yang kami
tulis diatas sudah cukup bagi kami sebagai pebelajara yang berharga, dan
sebagai panduan kami di pelaksanaa yang selanjutnya.
C.
Manfaat
Pelaksanaan PML
Diadakannya PML selama 2 semester ini banyak sekali manfaat yang
telah didapat, baik dari pembelajaran, sikap, etika, sopan santun, serta rasa
tanggung jawab yang dimiliki setiap mahasiswa dan mahasiswi semua bisa terlihat
dengan sendirinya. Pelaksanaan PML bukan hanya praktik mengajar yang sesuka
hati dilakukan akan tetapi pelaksanaan PML adalah melatih diri untuk
mendapatkan ilmu yang belun dikuasai ketika mengajar atau memberikan pengajaran
kepada orang yang membutuhkan, kami sebagai orang yang melaksanakan PML merasakan
betul apa yang didapat selama mengikuti Praktik Mengajar Lapangan, diantara
manfaat yang kami dapatkan dalam pelaksanaan yaitu:
1)
Membangun
kekompakan didalam tim
2)
Menjaga
kejujuran dan menjalin silaturahmi yang erat
3)
Melaksanakan
tugas dengan tepat dan sesuai waktu
4)
Kedisiplinan
dalam menjalankan tugas
5)
Mengetahui
karakteristik seorang murid
6)
Memiliki
rasa tanggung jawab
7)
Merubah
sikap, dan mewujudkan rasa hormat kepada yang lebih tua maupun muda
8)
Bisa
menjelaskan pelajaran kepada anak-anak secara teratur
Penyebab dari
semua ini karena dapat dukungan yang sangat baik dari pihak SD maupun pihak
Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah memberikan kepercayaan
kepada kami sebagai pengajar di SD tersebut, oleh karena itulah kami
mendapatkan manfaat dari PML yang dilaksanakan dari awal semester hingga akhir
semester dua tahun ajaran 2012/2013.
Walaupun
demikian kami melihat sistem pembelajaran atau pengajaran kami kurang maksimal
ketika dilapangan PML, bila begitu kita harus membenahi apa yang belum tersalurkan
kepada anak didik kita, akan tetapi semua ini kami jalani penuh kesadaran dan
sesuai kemampuan kami.
Diatas adalah
beberapa poin yang bisa kami dapatkan dari PML yang dilaksanakan di SD
Muhammadiyah Ambarketawang, semoga apa yang dilakukan selama ini mendapatkan
manfaat khususnya kami semua.
BAB
II
GAMBARAN
UMUM SEKOLAH
SD
Muhammadiyah Ambarketawang adalah salah satu lembaga pendidikan yang berkiprah
dibidang pendidikan khususnya sekolah dasar, SD Muhammadiyah ini terletak di
provinsi DIY Yogyakarta, dan salah satu lembaga pendidikan yang dibawah naungan
Muhammadiyah, SD Muhammadiya ini dengan sistem pembelajaran yang mengajarkan
para siswa dan siswinya tentang keislaman dan ilmu pengetahuan umum seperti
sekolah dasar lainnya yang tersebar diseluluh Indonesia, maka tidak ada
perbedaan dalam pengajaran di sekolah dasar yang kami jadikan tempat sebagai
latihan PML, dan kami yakin dengan belajar dan mengajar di sekolah dasar yang
telah ditentukan ini bisa menjadi orang yang berguna bagi kami semua.
Semua ini bisa berjalan dengan lancar karena
dengan dukungan dan rasa mayarakat yang begitu antusian kepada dunia pendidikan
yang unggul dan islami, maka sebagian besar
anak-anak mereka mengenyam pendidikan dasar di sekolah dasar
Muhammadiyah ini, tidak hanya dukungan dari masyarakat saja sekolah ini bisa
berjalan lancer sampai sekarang ini banyak dari tokoh masyarakat dan para guru
yang mengajar di sekolah tersebut, mereka semua mendukung penuh kegiatan yang
dilakukan di SD Muhammadiyah Ambarketawang.
Dengan
fasilitas yang ada mereka bisa memberikan pengajaran yang maksimal dan bisa
memberikan pengajaran yang baik bagi anak-anak, sehingga tidak sedikit dari
siswa didiknya mendapatkan prestasi yang membanggakan sekolah, serta
membanggakan kedua orang tunya. Didukung oleh staf dan pengajar yang
berpengalaman dan mampu memberikan materi dengan baik dibidang masing-masing
siswa dan siswi pun mampu memberikan kemampuan yang dimilikinya. Kemampuan yang
dimiliki setiap pengajar kepada anak-anak didiknya sangat lah baik ketika
pembelajaran telah dimulai dan bisa membawa suasana didalam kelas menjadi
nyaman untuk menuntut ilmu.
Lembaran observasi
Nama Kelompok : Kelompok 4
Nama lembaga
PML : SD Muhammadiyah Ambarketawang
Yogyakarta
Lokasi : Ambarketawang,
Yogyakarta
Materi
Pelajaran : Bahasa Arab
Ruang Lingkup
Observasi
Ranah
|
Komponen
|
Deskripsi
|
Saran
- Kesan
|
Rencana
Obs
|
Tempat belajar mengajar (fasilitas belajar –mengajar bahasa arab)
|
· Papan tulis
· Buku ajar
· Media elektronik, dll
· Ruang kelas
|
· Baik
· Sesuai dengan kemampuan anak-anak
· Tidak ada media
· cukup
|
Untuk diperhatikan dengan baik sarana pembelajaran.
Kesan untuk komponen cukup baik didalam kelas, hanya saja kurang
media elektronik yang mendukung kegiatan belajar.
|
Semester II
|
Pengajar
|
· Cara mengajar guru
· Cara memberi tugas, dll
|
· Melaukan dengan baik dan memahami kondisi murid
· Meberikan dengan kemampuan yang dimiliki siswa/siswi
|
Saran bagi para pengajar untuk lebih dekat lagi dengan pengajar
dari mahasiswa.
Kesan baik dalam memberikan sambutan dan banyak memberikan
masukan.
|
|
Murid
|
· Cara belajar murid
· Prilaku murid dikelas
|
· Baik dan bisa di ajak berkomunikasi dengan baik
· Memiliki kebiasaan rebut dan mengganggu teman yang belajar
|
Saran bagi para murid untuk lebih giat dalam menghafal dan banyak
diberikan hafalan alquran. Adapun kesannya adalah mereka sangat antusian
dalam belajar bahasa arab
|
Inilah
gambaran SD Muhammadiyah Ambarketawang sebagai temapat pembelajaran praktikum
kami selama setahun atau 2 semester ini.
BAB
III
PELAKSANAAN
PML
A.
Laporan
Kegiatan Praktik Belajar Mengajar (PBM)
Laporan ini dimaksdkan untuk mengetahui tugas dan kewajiban
mahasiswa dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam melaksanakan,
serta memberikan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas yang telah
diberikan sebagaimana dalam forum pembentukan kelompok pengajar pada awal
tahun.
Akhirnya kami dari kelompok 4 memiliki beberapa laporan kegiatan
yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Ambarketawang, dalam satu tahun sebagai
pengajar atau PML, adapun kegiatannya sebagai berikut
Kegiatan
|
Tempat
|
1)
Membaca
Al-quran setiap dimulainya belajar
2)
Memberikan
pengajaran dengan cara bergilir kepada anak-anak dengan materi dasar
3)
Menghafalkan
mufrodat sebagai perantara untuk menjaga hafalan kosa kata bahasa arab
4)
Membentuk
kelompok untuk baca Al-quran
5)
Membentuk
pemandu dalam pengarah
6)
Memberikan
pengarahan kepada para siswa belajar menulis bahasa arab
7)
Memberikan
permainan dalam bentuk nyayian
8)
Memberikan
tugas disetiap akhir pembelajaran
9)
Mepraktikan
percakapan disetiap materi yang berkaitan .
|
SD
Muhammadiyah Ambarketawang
|
Beberapara kegiatan yang tertera di table merupakan acuan kami demi
terlaksananya dan memberikan penyampaian yang baik, sehingga tidak ada satu
poin pun yang tertinggal dalam melaksanakan kegiatan dikelas, adapun secara real
dalam kegiatan diatas kita kami melakukannya sesuai dengan batas waktu yang
tersedia di pihak SD dan kami melakukan beberapa bagian disetiap pertemuan
dengan kegiatan yang berbeda-beda disetiap pertemuannya, artinya kami tidak
menerapkan semua kegiatan diatas di dalam satu pertemuan akan tetapi kami
melakukan beberapa kegiatan yang memungkinkan dengan jarak waktu yang terbatas.
Dengan durasi waktu yang terbatas selama 45 menit kami harus mampu melakukan 4
kegiatan atau 5 kegiatan yang telah tercantum diatas table supaya semunya bisa
berjalan dengan lancer dan bisa terkendali dengan merubah kegiatan secara
berkala.
B.
Deskripsi
Keberhasilah Mahasiswa Dalam Pelaksanaan PML
Setiap insan pasti mendambakan dan merindukan keberhasilan setiap
melakukan yang dianggap bermanfaat bagi orang yang mendapatkan bimbingannya,
dengan kerja keraslah semua anya akan bisa terwujudkan demi mencapai keberhasilan
dan beberapa pendukung untuk menunjang anak didik menjadi berhasill, sebagai
mana yang telah kami lakukan dalam melaksanakan latihan berbicara bagi saiwa
dan siswi agar mendapatkan pengajaran yang bisa mereka serap, melakukan ujian,
agar mereka serius untuk mengikuti tes yang diadakan dari pengajar bahasa arab,
mereka semua dapat bekerja baik ketika dilaksanakannya unjian akhir. Maka
dengan inilah beberapa orang dari para siswa dan siswi mendapatkan prestasi
yang baik, dan mendapatkan nilai yang memuaskan.
Keberhasilan mahasiswa dalam melakukan PML adalah kami melakukan
dengan program yang telah kami tentukan seperti kegiatan yang telah tercantum
di laporan kegiatan dan hasilnya kami berhasil melaksanakan semua yang kami
rencanakan,maka dari itu secara global mahasiswa berhasil mengajar dan melaukan
PML di SD Muhammadiyah Yogyakarta, kecuali beberapa mahasiswa dan mahasiswi
yang tidak bisa memenuhi karena tidak hadirnya di acara PML. Akan tetapi kami
melakukan semua ini dengan baik dan bisa diangga berhasil dalam mengajar para
siswa meskipun dari kami sendiri masih banyak sekali kesalahn dan kekurangan
yang masih melekat dalam diri kami semua. Semoga dengan keberhasilan ini kami
bisa meningkatkan kembali PML yang akan dilaksanakan di semester selanjutnya.
C.
Kendala
yang di Alami
Sebuah kegiatan pasti akan menemukan kendala yang tidak di inginkan
disetiap pelaksanaanya dengan kendala yang kami dapatkan selama mengajar di SD
Muhammadiyah Ambarketawang banyak sekali manfaat yang kami petik dari kendala-kendala
yang dialami dengan demikian kendala yang selama ini bisa terjadi sedikit bisa
terrealisasikan dengan sendirinya karena denga kesadaran mahasiswa dan
mahasiswinya, adapu kendala yang dapat kami paparkan sebagai berikut
1.
Kurangnya
koordinasi dan komunikasi antara SD dan pihak kampus
2.
Lemahnya
sistem pengarahan serta pengajaran dipihak dosen
3.
Menimnya
pengetahuan cara mengajar dengan jumlah pegajar yang banyak atau berkelompok
4.
Kurang
dekatnya kepala sekolah dengan mahasiswa dan mahasiswi
5.
Tidak
ada kontroling dari pihak kepala sekolah dan Dosen pengampu mata kuliah
praktikum sehingga mahasiswa kurang tertib
6.
Keterlambatan
informasi yang disampaikan pihak SD kepada mahasiswa dan mahasiswi
7.
Minimnya
informasi dari dosen pengampu dalam memberikan informasi tentang kegiatan atau
liburan SD
8.
Kurangnya
komunikasi antara dosen pengampu dan mahasiswa/i sangat
Semoga dengan beberapa kendala yang telah di paparka diatas bisa
menjadi acuan dan menjadi bahan pertimbangan untuk tahun selanjutnya agar tidak
terjadi salah faham antara pihak SD dan Kampus, Mahasiswa dan Dosen, dll.
D.
Kritik
dan Saran
Akhirnya semua yang kami lakukan telah dipaparkan di bab-bab yang
terkait dengan PML, dengan demikian makalah yang kami buat ini semoga bisa
dijadikan bahas evaluasi untuk lebih baik lagi, adapun kritik buat pelaksanaan
PML yang akan di lanjutkan pada tahun depan :
1.
Harus
lebih giat dan memperbanyak informasi dalam pengajaran
2.
Mampu
menguasai kelas dan bisa mengajak para siswa untuk berperan pentinga dikelas
3.
Lebiha
banyak belajar berkomunikasi dan bisa bersikap sopan sebagai seorang pendidik
Adapun saran
sebagai berikut:
1.
Mendapatkan
bimbingan dari dosen pengampu praktikum
2.
Jagan
dibiarkan mahasiswa memberikan atau mendapatkan info tanpa sepengetahuan dosen
pengampu
3.
Melatih
diri untuk pelaksanaan PML
4.
Memberikan
pengarahan kepada mahasiswa dan mahasiwi yang belum mengerti dengan pengajaran
5.
Melakukan
diskusi setiap akan melakukan PML
6.
Berlatih
bicara sebelum mengajar dihadapan mahasiswa yang akan melakukan PML.
Demikian kritik
dan saran kami untuk pelaksanaan PML yang akan dilaksanakan pada tahun depan,
kritik dan saran ini semoga bisa memberikan motivasi yang baik bagi kami semua
dan adik kelas yang akan melaksanakan PML.
BABA IV
PENUTUP
Demikianlah makalah kegiatan ini kami susun sebagai kerangka
acuan dalam melaksanakan kegiatan PML. Kami berharap kegiatan ini dapat
terlaksana dan dapat mencapai tujuan dan fungsinya sesuai harapan kami.Untuk
itu dengan segala kerendahan hati kami sampaikan permohonan maaf dan atas
segala bantuan dan dukungan dari semua pihak, kami sampaikan banyak terima kasih,
dan semoga kami mendaptkan pelajaran yang berharga dari makalah kegiatan PML
ini.
Insyaallah dengan pelaksanaan PML selanjutkan
akan lebiah baik dan bisa mendorong semua orang untuk mengerti dan memahami
arti dunia pendidikan.
0 komentar
Post a Comment