فَإِن تَابُواْ وَأَقَامُواْ الصَّلاَةَ وَآتَوُاْ الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِن

counter

Translite

Blog Archive

Labels

Friday, October 18, 2013

Pelaksanaan PML

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Praktik Mengajar Lapangan adalah salah satu kegiatan yang memberikan seseorang memiliki kreatifitas dalam mengelola pengajaran, sehingga orang akan menilai seberapa jauh bisa menguasai suasana, lingkungan, dan bisa membawa semuanya keranah pendidikan yang sesuai dengan harapan masyarakat atau harapan kita sendiri, semua orang memiliki hak dalam pelaksanaan PML akan tetapi tidak semu orang bisa menguasai materi yang diajarkan tentang pelaksanaan PML tersebut, dengan demikian perubahan mengajar akan selalu berkembang sesuai mengikuti zaman, dari tahun ketahun dunia pendidikna akan terus menerus berubah sehingga seorang pengajar harus cerdik dalam mengatur waktu, disiplin dalam bekerja, serta memiliki komitmen yang bisa diandalkan.
Dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan pelaksanaan Praktik Mengajar Lapangan yang berfungsi untuk melatih diri mahasiswa dan mahasiswi dibidang pengajaran, dari PML lah semuanya akan terasa bagaimana cara mengajar yang berhasil, dan cara mengajar yang belum berhasil. Dengan diadakannya PML sangat membantu bagi mahasiswa dan mahasiswi yang sedang melangkah didunia pendidikan dan pengajaran, banyak sekali di sekeliling kita pengajar yang langsung terjun ke dunia pendidikan akan tetapi tidak tahu dengan mengajar yang baik dan benar sehingga banyak sekali kendala yang dihadapi tanpa adanya PML, dan sulit baginya beradaptsi dengan lingkungan sekolah, guru, murid, bahkan sulit baginya untuk berkomunikasi ketika pembelajaran dimulai, maka dari itu PML penting bagi calon pengajar yang belum terjun ke bidang pendidikan karena masih banyak kesempatan untuk melakukan hal-hal yang baru yang bisa memberikan perubahan baru bagi dirinya, melakukan diskusi tentang pengajaran, serta banyak waktu yang dibutuhkan ketika praktik mengajar.
Namun untuk dapat mencapi apa yang diharapkan maka dibutuhkan orang-orang yang memiliki penuh semangat untuk membangun pengajar-pengajar yang dapat terus berkembang dengan kreativitas, ide, serta bisa membimbing masyarakat luar.
Dengan inilah kami membuat makalah yang berjudul “Praktik Mengajar Lapangan”, sebagai dasar pemikiran  pembuatan makalah, serta sebagai tugas akhir mata kuliah Praktikum.
B.     Tujuan Pelaksanaan PML
Tujuan dalam melaksanankan PML yang telah direncanakan selama kurang lebih 2 semester ini, maka kami dari mahasiswa memiliki tujuan yang sama yaitu:
1)      Melatih diri dalam mengajar di sekolahan.
2)      Mengetahui kondisi yang di alami ketika dilapangan dan mencari solusi untuk melakukan perbaikan dalam mengajar.
3)      Berbagi ilmu yang telah didapat dan mencari ilmu yang belum diketahui
Demikian tujuan kami didalam pelaksanaan PML yang telah kami rencanakan selama ini, sebenarnya masih banyak sekali tujuan yang kami harapkan akan tetapi dengan apa yang kami tulis diatas sudah cukup bagi kami sebagai pebelajara yang berharga, dan sebagai panduan kami di pelaksanaa yang selanjutnya.

C.     Manfaat Pelaksanaan PML
Diadakannya PML selama 2 semester ini banyak sekali manfaat yang telah didapat, baik dari pembelajaran, sikap, etika, sopan santun, serta rasa tanggung jawab yang dimiliki setiap mahasiswa dan mahasiswi semua bisa terlihat dengan sendirinya. Pelaksanaan PML bukan hanya praktik mengajar yang sesuka hati dilakukan akan tetapi pelaksanaan PML adalah melatih diri untuk mendapatkan ilmu yang belun dikuasai ketika mengajar atau memberikan pengajaran kepada orang yang membutuhkan, kami sebagai orang yang melaksanakan PML merasakan betul apa yang didapat selama mengikuti Praktik Mengajar Lapangan, diantara manfaat yang kami dapatkan dalam pelaksanaan yaitu:
1)      Membangun kekompakan didalam tim
2)      Menjaga kejujuran dan menjalin silaturahmi yang erat
3)      Melaksanakan tugas dengan tepat dan sesuai waktu
4)      Kedisiplinan dalam menjalankan tugas
5)      Mengetahui karakteristik seorang murid
6)      Memiliki rasa tanggung jawab
7)      Merubah sikap, dan mewujudkan rasa hormat kepada yang lebih tua maupun muda
8)      Bisa menjelaskan pelajaran kepada anak-anak secara teratur

Penyebab dari semua ini karena dapat dukungan yang sangat baik dari pihak SD maupun pihak Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah memberikan kepercayaan kepada kami sebagai pengajar di SD tersebut, oleh karena itulah kami mendapatkan manfaat dari PML yang dilaksanakan dari awal semester hingga akhir semester dua tahun ajaran 2012/2013.
Walaupun demikian kami melihat sistem pembelajaran atau pengajaran kami kurang maksimal ketika dilapangan PML, bila begitu kita harus membenahi apa yang belum tersalurkan kepada anak didik kita, akan tetapi semua ini kami jalani penuh kesadaran dan sesuai kemampuan kami.
Diatas adalah beberapa poin yang bisa kami dapatkan dari PML yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Ambarketawang, semoga apa yang dilakukan selama ini mendapatkan manfaat khususnya kami semua.













BAB II
GAMBARAN UMUM SEKOLAH
SD Muhammadiyah Ambarketawang adalah salah satu lembaga pendidikan yang berkiprah dibidang pendidikan khususnya sekolah dasar, SD Muhammadiyah ini terletak di provinsi DIY Yogyakarta, dan salah satu lembaga pendidikan yang dibawah naungan Muhammadiyah, SD Muhammadiya ini dengan sistem pembelajaran yang mengajarkan para siswa dan siswinya tentang keislaman dan ilmu pengetahuan umum seperti sekolah dasar lainnya yang tersebar diseluluh Indonesia, maka tidak ada perbedaan dalam pengajaran di sekolah dasar yang kami jadikan tempat sebagai latihan PML, dan kami yakin dengan belajar dan mengajar di sekolah dasar yang telah ditentukan ini bisa menjadi orang yang berguna bagi kami semua.
 Semua ini bisa berjalan dengan lancar karena dengan dukungan dan rasa mayarakat yang begitu antusian kepada dunia pendidikan yang unggul dan islami, maka sebagian besar  anak-anak mereka mengenyam pendidikan dasar di sekolah dasar Muhammadiyah ini, tidak hanya dukungan dari masyarakat saja sekolah ini bisa berjalan lancer sampai sekarang ini banyak dari tokoh masyarakat dan para guru yang mengajar di sekolah tersebut, mereka semua mendukung penuh kegiatan yang dilakukan di SD Muhammadiyah Ambarketawang.
Dengan fasilitas yang ada mereka bisa memberikan pengajaran yang maksimal dan bisa memberikan pengajaran yang baik bagi anak-anak, sehingga tidak sedikit dari siswa didiknya mendapatkan prestasi yang membanggakan sekolah, serta membanggakan kedua orang tunya. Didukung oleh staf dan pengajar yang berpengalaman dan mampu memberikan materi dengan baik dibidang masing-masing siswa dan siswi pun mampu memberikan kemampuan yang dimilikinya. Kemampuan yang dimiliki setiap pengajar kepada anak-anak didiknya sangat lah baik ketika pembelajaran telah dimulai dan bisa membawa suasana didalam kelas menjadi nyaman untuk menuntut ilmu.



Lembaran observasi
Nama Kelompok                : Kelompok 4
Nama lembaga PML          : SD Muhammadiyah Ambarketawang Yogyakarta
Lokasi                                 : Ambarketawang, Yogyakarta
Materi Pelajaran                 : Bahasa Arab
Ruang Lingkup Observasi
Ranah
Komponen
Deskripsi
Saran - Kesan
Rencana Obs
Tempat belajar mengajar (fasilitas belajar –mengajar bahasa arab)
· Papan tulis
· Buku ajar
· Media elektronik, dll
· Ruang kelas
· Baik
· Sesuai dengan kemampuan anak-anak
· Tidak ada media
· cukup
Untuk diperhatikan dengan baik sarana pembelajaran.
Kesan untuk komponen cukup baik didalam kelas, hanya saja kurang media elektronik yang mendukung kegiatan belajar.







Semester II




Pengajar
· Cara mengajar guru
· Cara memberi tugas, dll
· Melaukan dengan baik dan memahami kondisi murid
· Meberikan dengan kemampuan yang dimiliki siswa/siswi
Saran bagi para pengajar untuk lebih dekat lagi dengan pengajar dari mahasiswa.
Kesan baik dalam memberikan sambutan dan banyak memberikan masukan.




Murid
· Cara belajar murid
· Prilaku murid dikelas
· Baik dan bisa di ajak berkomunikasi dengan baik
· Memiliki kebiasaan rebut dan mengganggu teman yang belajar
Saran bagi para murid untuk lebih giat dalam menghafal dan banyak diberikan hafalan alquran. Adapun kesannya adalah mereka sangat antusian dalam belajar bahasa arab
Inilah gambaran SD Muhammadiyah Ambarketawang sebagai temapat pembelajaran praktikum kami selama setahun atau 2 semester ini. 












BAB III
PELAKSANAAN PML
A.    Laporan Kegiatan Praktik Belajar Mengajar (PBM)
Laporan ini dimaksdkan untuk mengetahui tugas dan kewajiban mahasiswa dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam melaksanakan, serta memberikan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas yang telah diberikan sebagaimana dalam forum pembentukan kelompok pengajar pada awal tahun.
Akhirnya kami dari kelompok 4 memiliki beberapa laporan kegiatan yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Ambarketawang, dalam satu tahun sebagai pengajar atau PML, adapun kegiatannya sebagai berikut
Kegiatan
Tempat
1)      Membaca Al-quran setiap dimulainya belajar
2)      Memberikan pengajaran dengan cara bergilir kepada anak-anak dengan materi dasar
3)      Menghafalkan mufrodat sebagai perantara untuk menjaga hafalan kosa kata bahasa arab
4)      Membentuk kelompok untuk baca Al-quran
5)      Membentuk pemandu dalam pengarah
6)      Memberikan pengarahan kepada para siswa belajar menulis bahasa arab
7)      Memberikan permainan dalam bentuk nyayian
8)      Memberikan tugas disetiap akhir pembelajaran
9)      Mepraktikan percakapan disetiap materi yang berkaitan .





SD Muhammadiyah Ambarketawang

Beberapara kegiatan yang tertera di table merupakan acuan kami demi terlaksananya dan memberikan penyampaian yang baik, sehingga tidak ada satu poin pun yang tertinggal dalam melaksanakan kegiatan dikelas, adapun secara real dalam kegiatan diatas kita kami melakukannya sesuai dengan batas waktu yang tersedia di pihak SD dan kami melakukan beberapa bagian disetiap pertemuan dengan kegiatan yang berbeda-beda disetiap pertemuannya, artinya kami tidak menerapkan semua kegiatan diatas di dalam satu pertemuan akan tetapi kami melakukan beberapa kegiatan yang memungkinkan dengan jarak waktu yang terbatas. Dengan durasi waktu yang terbatas selama 45 menit kami harus mampu melakukan 4 kegiatan atau 5 kegiatan yang telah tercantum diatas table supaya semunya bisa berjalan dengan lancer dan bisa terkendali dengan merubah kegiatan secara berkala.

B.     Deskripsi Keberhasilah Mahasiswa Dalam Pelaksanaan PML
Setiap insan pasti mendambakan dan merindukan keberhasilan setiap melakukan yang dianggap bermanfaat bagi orang yang mendapatkan bimbingannya, dengan kerja keraslah semua anya akan bisa terwujudkan demi mencapai keberhasilan dan beberapa pendukung untuk menunjang anak didik menjadi berhasill, sebagai mana yang telah kami lakukan dalam melaksanakan latihan berbicara bagi saiwa dan siswi agar mendapatkan pengajaran yang bisa mereka serap, melakukan ujian, agar mereka serius untuk mengikuti tes yang diadakan dari pengajar bahasa arab, mereka semua dapat bekerja baik ketika dilaksanakannya unjian akhir. Maka dengan inilah beberapa orang dari para siswa dan siswi mendapatkan prestasi yang baik, dan mendapatkan nilai yang memuaskan.
Keberhasilan mahasiswa dalam melakukan PML adalah kami melakukan dengan program yang telah kami tentukan seperti kegiatan yang telah tercantum di laporan kegiatan dan hasilnya kami berhasil melaksanakan semua yang kami rencanakan,maka dari itu secara global mahasiswa berhasil mengajar dan melaukan PML di SD Muhammadiyah Yogyakarta, kecuali beberapa mahasiswa dan mahasiswi yang tidak bisa memenuhi karena tidak hadirnya di acara PML. Akan tetapi kami melakukan semua ini dengan baik dan bisa diangga berhasil dalam mengajar para siswa meskipun dari kami sendiri masih banyak sekali kesalahn dan kekurangan yang masih melekat dalam diri kami semua. Semoga dengan keberhasilan ini kami bisa meningkatkan kembali PML yang akan dilaksanakan di semester selanjutnya.
C.     Kendala yang di Alami
Sebuah kegiatan pasti akan menemukan kendala yang tidak di inginkan disetiap pelaksanaanya dengan kendala yang kami dapatkan selama mengajar di SD Muhammadiyah Ambarketawang banyak sekali manfaat yang kami petik dari kendala-kendala yang dialami dengan demikian kendala yang selama ini bisa terjadi sedikit bisa terrealisasikan dengan sendirinya karena denga kesadaran mahasiswa dan mahasiswinya, adapu kendala yang dapat kami paparkan sebagai berikut
1.      Kurangnya koordinasi dan komunikasi antara SD dan pihak kampus
2.      Lemahnya sistem pengarahan serta pengajaran dipihak dosen
3.      Menimnya pengetahuan cara mengajar dengan jumlah pegajar yang banyak atau berkelompok
4.      Kurang dekatnya kepala sekolah dengan mahasiswa dan mahasiswi
5.      Tidak ada kontroling dari pihak kepala sekolah dan Dosen pengampu mata kuliah praktikum sehingga mahasiswa kurang tertib
6.      Keterlambatan informasi yang disampaikan pihak SD kepada mahasiswa dan mahasiswi
7.      Minimnya informasi dari dosen pengampu dalam memberikan informasi tentang kegiatan atau liburan SD
8.      Kurangnya komunikasi antara dosen pengampu dan mahasiswa/i sangat
Semoga dengan beberapa kendala yang telah di paparka diatas bisa menjadi acuan dan menjadi bahan pertimbangan untuk tahun selanjutnya agar tidak terjadi salah faham antara pihak SD dan Kampus, Mahasiswa dan Dosen, dll.

D.    Kritik dan Saran
Akhirnya semua yang kami lakukan telah dipaparkan di bab-bab yang terkait dengan PML, dengan demikian makalah yang kami buat ini semoga bisa dijadikan bahas evaluasi untuk lebih baik lagi, adapun kritik buat pelaksanaan PML yang akan di lanjutkan pada tahun depan :
1.      Harus lebih giat dan memperbanyak informasi dalam pengajaran
2.      Mampu menguasai kelas dan bisa mengajak para siswa untuk berperan pentinga dikelas
3.      Lebiha banyak belajar berkomunikasi dan bisa bersikap sopan sebagai seorang pendidik
Adapun saran sebagai berikut:
1.      Mendapatkan bimbingan dari dosen pengampu praktikum
2.      Jagan dibiarkan mahasiswa memberikan atau mendapatkan info tanpa sepengetahuan dosen pengampu
3.      Melatih diri untuk pelaksanaan PML
4.      Memberikan pengarahan kepada mahasiswa dan mahasiwi yang belum mengerti dengan pengajaran
5.      Melakukan diskusi setiap akan melakukan PML
6.      Berlatih bicara sebelum mengajar dihadapan mahasiswa yang akan melakukan PML.
Demikian kritik dan saran kami untuk pelaksanaan PML yang akan dilaksanakan pada tahun depan, kritik dan saran ini semoga bisa memberikan motivasi yang baik bagi kami semua dan adik kelas yang akan melaksanakan PML.




















BABA IV
PENUTUP
Demikianlah makalah kegiatan ini kami susun sebagai kerangka acuan dalam melaksanakan kegiatan PML. Kami berharap kegiatan ini dapat terlaksana dan dapat mencapai tujuan dan fungsinya sesuai harapan kami.Untuk itu dengan segala kerendahan hati kami sampaikan permohonan maaf dan atas segala bantuan dan dukungan dari semua pihak, kami sampaikan banyak terima kasih, dan semoga kami mendaptkan pelajaran yang berharga dari makalah kegiatan PML ini.
Insyaallah dengan pelaksanaan PML selanjutkan akan lebiah baik dan bisa mendorong semua orang untuk mengerti dan memahami arti dunia pendidikan.




0 komentar

Post a Comment